pengertian apa itu deposit

Apa Itu Deposit? Yuk, Pahami Arti dan Jenis-Jenisnya

Salah satu terminologi dalam dunia keuangan yang kerap menggema adalah deposit. Meskipun istilah ini sudah umum di telinga kita, ternyata masih banyak yang belum mengetahui esensi dari deposit. Nah, apa sebenarnya deposit itu? Ayo kita simak penjelasannya di bawah ini, lengkap dengan variasi deposit yang perlu kita ketahui.

Pengertian Deposit

deposit adalah

Dikutip dari Investopedia, deposit adalah transfer dana ke entitas lain, biasanya ke bank, dengan maksud untuk di simpan atau di amankan. Selain di bank, deposit juga dapat di tempatkan di instrumen keuangan lain. Menurut KBBI, deposit adalah jumlah uang yang di simpan dalam suatu rekening untuk memfasilitasi atau mengamankan transaksi.

Penggunaan deposit dalam dunia bisnis, misalnya, terjadi saat pembelian produk atau layanan dalam jumlah besar. Deposit di perlukan sebagai jaminan sebelum transaksi di lakukan. Fungsinya adalah untuk menutupi potensi kerugian jika terjadi pembatalan pembelian secara sepihak. Oleh karena itu, dalam kasus semacam ini, deposit seringkali tidak dapat di kembalikan jika pembelian di batalkan.

Namun, dalam konteks perbankan, makna deposit memiliki perbedaan yang signifikan. Deposit dalam hal ini merujuk pada uang nasabah yang di simpan di bank. Dalam hal ini, deposit dapat di tarik oleh nasabah karena merupakan kepemilikan mereka. Lalu, apakah deposit sama dengan deposito? Meskipun hanya berbeda satu huruf, ternyata deposit dan deposito memiliki perbedaan yang cukup mencolok.

Jika deposit dapat berarti jaminan atau penyimpanan uang, sementara deposito merupakan produk simpanan yang di tawarkan oleh bank. Deposito sering disebut sebagai tabungan berjangka. Baik deposit maupun deposito yang di simpan di bank dapat di tarik kembali oleh nasabahnya.

Jenis-Jenis Deposit

pengertian apa itu deposit

Lalu, apa saja jenis deposit yang perlu kita ketahui? Saat ini, terdapat enam jenis deposit yang patut di perhatikan. Berikut penjelasan lengkap mengenai keenamnya:

1. Demand Deposit

  • Dikenal sebagai Simpanan Giro dalam bahasa Indonesia.
  • Jenis deposit yang dapat di tarik kapan saja oleh pemiliknya tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  • Contohnya adalah rekening tabungan dan rekening giro.
  • Likuiditas demand deposit sangat tinggi, namun imbal hasil atau bunganya tidak terlalu tinggi.

2. Term Deposit

  • Bahasa Inggris dari deposito atau tabungan berjangka.
  • Biasanya ada di lembaga keuangan.
  • Dianggap sebagai instrumen investasi paling aman karena risikonya rendah.
  • Tingkat keuntungan juga cenderung rendah.

3. Customer Deposit

  • Di gunakan oleh pengusaha sebagai uang jaminan.
  • Merupakan jaminan yang harus di setorkan oleh calon pembeli sebelum penjual menyerahkan produk atau jasa.
  • Tujuannya adalah melindungi penjual dari kerugian akibat pembatalan transaksi.

4. Refundable Deposit

  • Jaminan yang akan di kembalikan setelah periode tertentu.
  • Umumnya di gunakan dalam bisnis sewa properti seperti kamar hotel.
  • Termasuk dalam future liability atau beban masa depan.

5. Time Deposit

  • Rekening bank dengan bunga yang memiliki tanggal jatuh tempo.
  • Tingkat bunga time deposit cenderung lebih tinggi daripada tabungan biasa.
  • Nasabah tidak dapat melakukan transaksi selama periode tertentu.

6. Saving Deposit

  • Salah satu bentuk demand deposit yang ada di bank.
  • Bebas di tarik oleh pemiliknya tanpa batasan.
  • Memiliki bunga, namun jumlahnya rendah.

7. Deposit Dalam Dunia Kripto

Deposit dalam dunia aset kripto menjadi langkah penting bagi para investor yang berkeinginan melakukan transaksi jual beli. Konsep deposit ini bertujuan untuk mempermudah pengguna dalam mengakses pasar aset kripto. Pintu, sebagai platform yang memfasilitasi transaksi aset kripto, memungkinkan pengguna untuk melakukan deposit dengan cepat dan tanpa biaya tambahan, kecuali jika terdapat biaya transfer yang berlaku.

Akhir Kata

Penjelasan di atas memberikan gambaran mengenai konsep pengertian apa itu deposit dan bagaimana hal tersebut terkait dengan transaksi aset kripto. Sekarang, Anda telah mendapatkan pemahaman lebih lanjut mengenai deposit, bukan? Beberapa jenis deposit, seperti Time Deposit dan Term Deposit, bisa dijadikan sebagai instrumen investasi yang menarik, meskipun tingkat bunga yang dihasilkan mungkin relatif kecil.

Bagi Anda yang tengah mencari instrumen investasi dengan potensi yang menjanjikan, dunia aset kripto bisa menjadi opsi yang menarik. Pada tanggal 2 September 2021, harga Bitcoin, salah satu aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, meningkat hingga 366% dibandingkan dengan tahun sebelumnya pada bulan yang sama.

Jika Anda tertarik untuk terlibat dalam transaksi aset kripto, jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Pintu! Investasi dan perdagangan berbagai aset dapat dimulai dengan modal sekecil Rp11.000, memberikan akses yang lebih inklusif bagi para investor.

Untuk kamu yang ingin berinvestasi crypto secara mudah, download PINTU sekarang! PT Pintu Kemana Saja dengan brand PINTU merupakan platform jual beli dan investasi aset crypto di Indonesia. PINTU sebagai aplikasi crypto indonesia berfokus pada tampilan aplikasi yang intuitif, mudah digunakan, dengan konten edukasi in-app, terutama bagi investor crypto baru dan kasual.

Originally posted 2023-12-10 19:37:04.

Tinggalkan komentar